-->

10 Hewan ini tidak Berbahaya, Tapi Membunuh Banyak Manusia

Mungkin kita akan merasa tertekan dan takut ketika dihadapkan langsung dengan Singa atau Harimau, misalnya. Padahal kedua jenis binatang tersebut sudah dijinakkan oleh pemiliknya. True dat? Ok, saya juga.

Masalahnya adalah kita kurang tahu bahwasanya ada beberapa hewan yang kita anggap biasa saja, tapi sebenarnya sangat mematikan.

Umumnya hewan-hewan ini merasa lugu, kalau diusir pasti langsung lari, akan tetapi ketika mereka sedang "unmood" atau diprovokasi, bukan nggak mungkin kamu bakal ditanduk oleh mereka. Contohnya? Sapi atau Lembu.

Well dibawah ini ada beberapa hewan yang dianggap tidak terlihat berbahaya dan kalem, namun nyatanya berbahaya dan sangat mematikan kalau diganggu atau dibiarkan begitu saja.

10 Hewan ini tidak Berbahaya, Tapi Membunuh Banyak Manusia


#10. Sapi

Sapi memang herbivora, namun ketika kamu mulai mencoba memprovokasi mereka seperti mengganggu, menusuk-nusuk tubuhnya dengan benda tajam, bukan tidak mungkin kaki belakangnya malah menghajar kamu.

10 Hewan ini tidak Berbahaya, Tapi Membunuh Banyak Manusia

Mereka nggak bakal segan-segan untuk menyakiti kamu. Kalau mereka punya kesempatan untuk menanduk tubuh kamu, mereka pasti melakukannya. Sampai kamu tergeletak dan nggak bergerak sama sekali.

Kalau bisa sih, sampai kamu benar-benar tewas... atau setidaknya sampai mereka kelelahan karena sudah menghajar kamu ditempat.

Di negara Amerika Serikat, tercatat 20 orang tewas setiap tahunnya gara-gara Sapi. Hmm...

#9. Semut

Seperti yang kita ketahui, satu hewan bukan berarti hanya memiliki satu jenis saja. Contohnya semut. Ya, semut. Semut memiliki jenis yang sangat beragam.

10 Hewan ini tidak Berbahaya, Tapi Membunuh Banyak Manusia

Dimulai dari yang biasa saja, sampai ada jenis semut yang mematikan dan dengan mudahnya mereka bisa membunuh manusia hanya dalam beberapa jam.

Kalau kamu nggak hati-hati, atau nggak tahu sama sekali jenis semut apa yang sedang kamu hadapi, jangan mencoba-coba untuk mengganggunya. Apalagi ketika mereka sedang bergerombolan.

Beruntung aja sih, dirumah saya cuma ada semut api biasa dan semut hitam.

#8. Lebah

Lebah sebenarnya tidak begitu berbahaya. Namun kalau kamu mengganggu kediaman mereka, bukan tidak mungkin ratusan lebah (betina) bakal menghajar kamu.

10 Hewan ini tidak Berbahaya, Tapi Membunuh Banyak Manusia

Itu pun kamu harus bersyukur, karena yang memburu kamu cuma lebah biasa. Kalau yang mengejar kamu adalah lebah penjaga aslinya yang berukuran lebih besar (biasanya pejantan), kamu bakal dikejar puluhan kilometer!

Ok kita luruskan sedikit. Kenapa lebah berada diurutan ke 8 ya?

Kebanyakan manusia meninggal di tiap tahunnya dikarenakan alergi dari sengatan lebah tersebut. Ok kalau cuma satu lebah, mungkin bisa diatasi. Tapi kalau ada 2 lebah yang menyengat, siap-siap deh.

Gimana sih rasanya disengat lebah? Sakit banget, bagian tubuh yang tersengat lebah tersebut terasa sangat panas dan cukup perih. Butuh waktu 15 menit sampai sakitnya hilang. Butuh 4 hari agar sengatannya benar-benar sembuh.

Itu baru satu sengatan lebah ya! Belum lagi yang puluhan, sakitnya gak ketulungan :)

#7. Ubur-Ubur

Kalau kamu berenang diluat dan yang kamu takutkan adalah hiu, kamu salah besar! Yang harus kamu waspadai adalah ubur-ubur.

10 Hewan ini tidak Berbahaya, Tapi Membunuh Banyak Manusia

Ya, ubur-ubur. Orang yang meninggal karena ubur-ubur dilautan, 15x lebih banyak dibandingkan serangan hiu yang mengakibatkan fatal. Itu faktanya.

Kalau dipikir-pikir, ubur-ubur sebenarnya gak niat untuk menyerang kita.

Tapi itu semua gara-gara manusia yang gak sengaja menyentuh tubuh mereka, sehingga tubuh mereka secara otomatis menyerang tubuh manusia.

Malangnya, kebanyakan orang tewas gara-gara ubur-ubur dikarenakan shock berat diawal dan rasa sakit yang sangat pedih, bahkan tewas sebelum racunnya bekerja.

#6. Gajah

Gajah sebenarnya mamalia yang tidak berbahaya, namun ketika diprovokasi, bukan tidak mungkin gajah akan menyerang manusia. Apalagi ketika manusia mulai bermain kasar dengan gajah.

10 Hewan ini tidak Berbahaya, Tapi Membunuh Banyak Manusia

Sebenarnya ada fakta menarik disini tentang gajah. Gajah akan mengingat wajah manusia, siapa pun itu, yang berperilaku baik dengan mereka, maupun manusia yang berperilaku jahat kepadanya.

Ketika mereka baru melahirkan, sudah saatnya kamu harus menjauhi mereka. Mereka akan bersikap sangat protektif, berusaha keras menjaga anaknya dari pemburu, siapa pun itu.

Kebanyakan manusia yang tewas oleh gajah bukan dikarenakan oleh gadingnya yang besar, melainkan diinjak-injak dan diseret tanpa ampun. Contohnya? Banyak tuh di Youtube, biasanya terjadi di hiburan malam atau sirkus.

#5. Lalat Tsetse

Lalat memang hewan yang menjijikkan. Mereka gak segan untuk mengganggu kita yang sedang makan. Ketika berusaha dipukul, lalat selalu berhasil mengelak serangan kita.

10 Hewan ini tidak Berbahaya, Tapi Membunuh Banyak Manusia

Tapi ingat sekali lagi. Lalat bukan hanya satu jenis, ada begitu banyak jenis lalat yang bisa kita temukan. Lalat jenis Tsetse misalnya.

Lalat jenis Tsetse merupakan lalat yang bisa menggigit, mereka pun merupakan host dari parasit yang berbahaya.

Ketika parasit mulai masuk ke tubuh manusia, parasit ini pun tidak segan-segan untuk masuk ke alirah darah manusia, getah bening dan akhirnya menyerang sistem saraf pusat manusia.

Sampai detik ini, ada sekitar 500.000 korban jiwa yang disebabkan oleh lalat Tsetse.

#4. Anjing

Hewan lucu dan setia ini bukan berarti bisa bersikap baik selamanya, ada momen dimana anjing merasa ketergangguan dikarenakan oleh manusia, oleh sebab itu anjing menyerang manusia.

10 Hewan ini tidak Berbahaya, Tapi Membunuh Banyak Manusia

Umumnya, anjing akan menyerang manusia ketika manusia tersebut salah dalam memperlakukannya.

Contohnya? Seorang majikan anjing yang sering memukul dan memarahi anjingnya. Ada momen dimana anjing tersebut akan menyerang atau membunuh manusia.

Berdasarkan statistik yang berhasil dihimpun, sekitar 200 orang meninggal per tahunnya oleh serangan anjing.

#3. Rusa

Rusa, sama halnya seperti kambing atau pun kucing, sebenarnya tidak punya kapasitas untuk membunuh manusia. Bahkan mereka gak punya alat untuk menyerang manusia.

10 Hewan ini tidak Berbahaya, Tapi Membunuh Banyak Manusia

Ettsss... Jangan salah. Rusa ini bisa dikatakan pembunuh yang "tidak langsung". Mereka gak segan-segan untuk menyebrang jalanan raya, yang berakibat fatal bagi manusia.

Singkatnya, kecelakan yang disebabkan oleh rusa ketika menyebrang jalan.

Ada sekitar 120 nyawa manusia menghilang per tahunnya yang diakibatkan oleh rusa yang suka tiba-tiba menyebrang jalan, yang mengharuskan pengemudi untuk membanting setir sehingga mengalami kecelakaan.

#2. Kuda Nil

Kuda nil merupakan salah satu hewan paling berbahaya dan mematikan di dunia, terutama di Afrika. Singa saja harus memikir berulang kali kalau mau memangsa kuda nil.

10 Hewan ini tidak Berbahaya, Tapi Membunuh Banyak Manusia

Kuda nil bisa berlari cepat di daratan. Bahkan bisa mencapai 40 km di lautan.

Mungkin kamu sendiri pernah melihat video di Youtube yang menampilkan kuda nil mengejar sebuah speedboat dengan sangat cepat.

#1. Nyamuk

Well... di urutan pertama ada nyamuk! Ya, kamu gak salah baca. Nyamuk berada diurutan pertama sebagai hewan yang kita anggap biasa saja dan tidak berbahaya, tapi sebenarnya sangat berbahaya.

10 Hewan ini tidak Berbahaya, Tapi Membunuh Banyak Manusia

Penyakit yang ditularkan oleh nyamuk sangat berbahaya, contohnya adalah malaria. Setidaknya jumlah korban tewas dari penyakit malaria sampai saat ini, berkisar diantara 1 juta orang.

Labels: Hewan

Thanks for reading 10 Hewan ini tidak Berbahaya, Tapi Membunuh Banyak Manusia. Please share this article.
0 Komentar untuk "10 Hewan ini tidak Berbahaya, Tapi Membunuh Banyak Manusia"

Komentarnya, Guys?