-->

11 Senjata Jaman Dulu yang Cukup Mematikan bagi Korbannya

Sebelum adanya teknologi, orang-orang kuno atau jaman dulu selalu mengandalkan hasil alam untuk membuat atau menciptakan sebuah senjata.

Bentuknya sendiri cukup unik, dan tentunya ada perasaan yang mengerikan kalau kita lihat sekarang. Meski pun bentuknya aneh, namun faktanya kalau benda-benda ini difungsikan sesuai kegunaannya, tentu akan terlihat sangat brutal.

Senjata jaman dulu pun tergolong sangat tidak manusiawi dan sangat sadis untuk merenggut nyawa korban. Jangankan merasakannya, melihatnya saja sudah cukup merasakan sakit.

11 Senjata Jaman Dulu yang Cukup Mematikan bagi Korbannya


#1. Chakram, Serupa seperti Shuriken

Dilihat dari bentuknya, Chakram cukup membuat bulu gedik kita merinding begitu saja. Chakram ini digunakan untuk menyayat musuh dari dekat. Chakram pun bisa dilempar layaknya Frisbee dengan jarak 100 meter ke depan.

11 Senjata Jaman Dulu yang Cukup Mematikan bagi Korbannya

Bentuk lain dari Chakram adalah Chakkar, sebuah alat yang sama persis yang digunakan oleh prajurit Sikh pada jaman itu.


#2. Shuriken, Alat Kecil yang Menyakitkan

Mengingat banyaknya film-film bergenre ninja, tentu Shuriken memang tidak asing lagi dengan kita. Ya, Shuriken digunakan oleh ninja untuk menyerang musuh.

11 Senjata Jaman Dulu yang Cukup Mematikan bagi Korbannya

Shuriken ini mirip dengan Chakram diatas. Bedanya Shuriken dengan Chakram, Shuriken berbentuk sangat kecil sedangkan Chakram sangat besar. Shuriken pun sangat mudah digunakan.

Contoh alat Shuriken yang sering kita temui ialah di Naruto Serials.

#3. Caltrop, Perangkap Mematikan

Caltrop adalah salah satunya, senjata jaman dulu yang mematikan. Caltrop sendiri digunakan untuk perangkap agar diinjak oleh musuh.

11 Senjata Jaman Dulu yang Cukup Mematikan bagi Korbannya

Saat ini pun kita bisa melihat bagaimana bentuk aslinya. Ya, di film James Bond. Bond menggunakan Caltrop untuk menusuk ban mobil musuh yang sedang mengejarnya.

#4. Ballista dan Mangonel

Anda seorang gamers strategi atau perang? Tentunya nggak asing dengan senjata Ballista. Ya, Ballista adalah sebuah panah berukuran besar yang digunakan untuk perang-perang besar. Punya roda pula!

Ballista ini akan sangat mudah menerbangkan panah berukuran besar yang mampu menjangkau jarak 500 meter ke hadapan musuh.

11 Senjata Jaman Dulu yang Cukup Mematikan bagi Korbannya
Ballista

Masalahnya ialah senjata ini memiliki keakuratan yang sangat tinggi (Ya, masalah bagi musuhnya). Kerusakan dari Ballista pun sangat besar, apapun akan terasa mudah untuk ditembus, apalagi dalam jarak dekat.

Satu lagi, Mangonel namanya. Sebuah alat pelempar bom atau pun batu besar ke benteng musuh.

Mangonel dan Ballista seringkali dipadukan dalam satu peperangan. Ketika kedua benda ini saling bekerja sama, tingkat keberhasilan kemenangan sebuah pihak akan meningkat secara drastis.

11 Senjata Jaman Dulu yang Cukup Mematikan bagi Korbannya
Mangonel

Masih ingat dengan film Kingdom of Heaven, bagaimana Salahuddin Al Ayyubi menyerang kota Konstatinopel dikala itu? Benteng kota Yahudi tersebut hancur, babak belur, hanya sedikit yang tersisa dibagian depan bentengnya.

Sebenarnya pun, Mangonel bukan hanya bisa melempar batu saja, kadang-kadang senjata tajam lainnya seperti paku, bara api, dan lainnya pun ikut disertakan ke benda ini.

Jangkauan lemparan Mangonel sangat jauh, lebih jauh dibandingkan Ballista. Kalau diperkirakan, mungkin bisa mencapai 2 kilometer ke depan. Butuh perasaan dan tingkat ketelitian yang tinggi untuk menggunakan Mangonel.

#5. Knobkerrie, Senjata Tumpul Namun Sangat Mematikan

Bentuknya yang aneh membuat kita bertanya-tanya apa fungsi dari senjata ini. Knobkerrie adalah sebuah tongkat dimana ujungnya terpasang objek tumpul berbentuk bola.

11 Senjata Jaman Dulu yang Cukup Mematikan bagi Korbannya

Menurut catatan sejarah, Knobkerrie - tepatnya dibagian tumpul tersebut, digunakan untuk menghajar hidung atau panghal paha manusia. Pertama kali digunakan oleh orang-orang Afrika.

Sampai saat ini pun, Knobkerrie bisa kita temukan dengan mudah, digunakan untuk berburu mangsa (binatang yang bisa dimakan). Contoh senjata Knobkerrie bisa kita lihat pada film "Zulu" dibawah ini:


#6. Morning Star, Bola Berduri Layaknya Menebas

Dari gambarnya saja, Morning Star memang tidak asing. Kita bisa dengan mudah menemukan bagaimana contoh atau gambaran dari alat ini, misalnya saja karakter atau hero Franco di game Mobile Legends yang menggunakan alat ini. Atau Road Race Jailbreak (PlayStation 1).

11 Senjata Jaman Dulu yang Cukup Mematikan bagi Korbannya

Morning Star dibuat dengan cara, gagangnya dibuat dari kayu dan bola berdurinya terbuat dari besi atau baja dengan pisau-pisau yang tajam.

Cara menggunakan alat Morning Star ialah dengan cara mengayunkannya ke tubuh atau wajah manusia, kadang ke ubun-ubun kepala manusia. Bisa juga digunakan untuk kaki atau lutut lawan. Singkatnya, fungsinya untuk melumpuhkan lawan.

#7. War Scythe (Sabit), Alat Menyayat yang Mengerikan

Dari bentuknya, War Scythe sangat mirip dengan Sabit yang sering digunakan oleh para petani untuk memotong padi. Yang pasti, War Scythe lebih mengerikan dan menakutkan.

11 Senjata Jaman Dulu yang Cukup Mematikan bagi Korbannya

Menurut sejarahnya, War Scythe bisa dengan mudah memotong atau memelah helm yang terbuat dari logam. Itu hanya sebuah logam, belum lagi kayu, tentunya akan sangat lebih mudah lagi.

#8. Dragon Beard Hook, Alat Membunuh layaknya Mata Pancing

Anda salah seorang pemancing mania? Ya, Dragon Beard Hook sangat mirip dengan mata pancing yang anda gunakan untuk memancing saat itu.

11 Senjata Jaman Dulu yang Cukup Mematikan bagi Korbannya

Matanya terdiri dari 4 buah, bisa saja menjadi 6 buah. Tergantung selera si pemakai.

Umumnya, Dragon Beard Hook akan diikat dengan tali atau rantai, dilempar atau ditembakkan ke sasaran, otomatis Dragon Beard Hook akan mengunci tubuh sasaran. Nah disaat itulah peran Dragon Beard Hook bekerja.

Alat ini akan mengoyak-ngoyak tubuh manusia tanpa perasaan. Belum lagi ketika alat ini ditarik-tarik oleh si empunya. Tentunya sangat menyakitkan.

Dragon Beard Hook berasal dari Dinasti Song. Contohnya bisa kita lihat pada karakter Scorpion di Mortal Combat, yang sering menarik musuhnya dari jauh untuk mendekat.

#9. Katar, Pisau Tunggal yang Memiliki Cabang

Jika dilihat, Katar hanyalah sebuah pisau biasa. Betul? Iya, saya pun mengakui itu. Namun ketika benda ini berhasil menembus tubuh manusia, dan pegangan "H"-nya diaktifkan, pisau akan terbelah secara otomatis menjadi 3 bagian.

11 Senjata Jaman Dulu yang Cukup Mematikan bagi Korbannya

Ya, pisau tunggal ini akan memisahkan dirinya menjadi 3 cabang dengan mudah di dalam tubuh manusia. Tentunya ini sangat mengejutkan ketika kita merasakan luka tusukan, lalu tiba-tiba tubuh merasakan koyakan daging menjadi menganga (membesar).

Desainnya yang simple bukan berarti tidak mematikan. Yang cukup mematikannya lagi, selain berhasil mengintimidasi musuh, benda ini pun bisa dengan mudah menembus baju besi tanpa kompromi.

#10. Spear, Tombak Memancing tapi Dialihfungsikan sebagai Tombak Pembunuh

Pada awal mula dan sejarahnya, Spear merupakan tombak untuk memancing ikan. Sering digunakan di laut maupun sungai yang dipenuhi oleh ikan.

11 Senjata Jaman Dulu yang Cukup Mematikan bagi Korbannya

Melihat begitu mudah dan efisien ketika digunakan, Spear dialih-fungsikan sebagai alat pembunuh di jaman itu.

Spear pun merupakan salah satu senjata tertua di dunia, yakni berkisar 400.000 tahun yang lalu. Hampir semua kerajaan di jaman dulu pun menggunakan Spear sebagai alat utama bagi para "minion"-nya.

Contoh Spear bisa kita lihat pada karakter Zilong, di game Mobile Legends. Sangat mematikan! Atau... Guan Yu, karakter terkuat dan bertubuh besar dalam sejarah China, di game Dinasty Warrior (Playstation 2).

#11. Spartan Hoplon Shield

Terbuat dari kayu, kadangkala dilapisi perunggu, dengan berat dan tinggi yang cukup besar, membuat Spartan Hoplon Shield menjadi pelindung yang sangat kuat dan sulit untuk ditembus.

11 Senjata Jaman Dulu yang Cukup Mematikan bagi Korbannya

Alih-alih menganggap remeh benda pelindung ini sebagai sebuah ancaman, jangan salah; benda inilah yang paling kuat menahan serangan apapun dikala itu.

Bermodalkan Spear atau alat tombak yang digunakan oleh para Spartan, mereka dengan mudah melumpuhkan lawan. Masih ingat kan film 300, film Spartan itu? Ya, itulah Spartan Hoplon Shield.

Sebenarnya, kalau dikaji dan dicari lebih dalam lagi, ada begitu banyak benda atau senjata jaman dulu yang terkenal kuat dan mematikan.

Meningat keterbatasan waktu dan pengetahuan penulis, mungkin hanya itu saja yang bisa saya tulis. Semoga berguna.*

Labels: Umum

Thanks for reading 11 Senjata Jaman Dulu yang Cukup Mematikan bagi Korbannya. Please share this article.
0 Komentar untuk "11 Senjata Jaman Dulu yang Cukup Mematikan bagi Korbannya"

Komentarnya, Guys?