-->

7 Hobi dengan Modal Biaya Murah, tapi Sangat Menyenangkan

Stres atau depresi memang nggak bisa dipisahkan dengan kehidupan pribadi. Jangankan anda, saya pun pernah dan kadang hampir setiap harinya merasakan depresi.

Penyebabnya sendiri ada begitu beragam, dimulai dari permasalahan uang (ekonomi), keluarga, pacar atau hubungan, hingga masalah anak dan masalah-masalah lainnya.

Untuk meminimalisir perasaan depresi atau stress, umumnya kita melakukan kegiatan yang disukai, hobi misalnya. Dikala stress, orang-orang lebih memilih cara meluangkan waktunya untuk melakukan hobi atau minat mereka kepada sesuatu.

Ya, setidaknya untuk meminimalisirkan perasaan stress, dari pada harus berlarut-larut sehingga membuat sakit kepala. Tentu itu nggak baik buat kesehatan.

Dibawah ini ada beberapa yang barangkali saja hobi anda, saya atau pembaca lainnya, dengan modal atau biaya murah tapi akan sangat menyenangkan apabila dilakukan bersama-bersama.

7 Hobi dengan Modal Biaya Murah, tapi Sangat Menyenangkan Apabila Dilakukan


#1. Menulis

Menulis menjadi salah satu alternatif terbaik untuk meluangkan waktu agar terbebas dari stress. Menulis itu bisa dikatakan dilakukan tanpa modal, bermodalkan selembar kertas dan pulpen (atau pensil), anda bisa menulis.

7 Hobi dengan Modal Biaya Murah, tapi Sangat Menyenangkan Apabila Dilakukan

Contoh lainnya? Artikel yang sedang anda baca ini, inilah tulisan saya yang sedang anda baca. Kenapa saya menulis artikel ini? Karena itu hobi saya.

Namun bedanya, saya menggunakan laptop untuk membuat blog dan mengetik tulisan per tulisan. Setidaknya, ini pun termasuk ke dalam kategori "menulis".

#2. Teka-Teki

Teka-teki merupakan sebuah pertanyaan jebakan. Contoh yang paling simple atau yang paling saya ingat seperti ini:

7 Hobi dengan Modal Biaya Murah, tapi Sangat Menyenangkan Apabila Dilakukan

"Bapaknya Budi punya 5 orang anak; kantal, kintil, kuntul dan kentel. Pertanyaannya, siapakah nama anak ke 5 dari keluarga tersebut? Bingung? Hati-hati. Nama anak kelimanya adalah "Budi". Silahkan baca lagi pertanyaannya dari awal."

Pertanyaan yang cukup simple tapi akan terasa sulit di jawab apabila memikirkan jawabannya dengan cara sekenanya saja. Jadi setiap jawaban yang dikeluarkan dari mulut, harus dipastikan lagi.

#3. Kerajinan Tangan

Kalau soal kerajinan tangan, sebenarnya ini relatif, tergantung bahan apa yang anda gunakan untuk membuat sesuatu. Saran saya, manfaatkan stick es krim untuk membuat suatu bangunan atau rumah.

7 Hobi dengan Modal Biaya Murah, tapi Sangat Menyenangkan Apabila Dilakukan

Lagi pula, stick es krim bisa didapatkan dengan harga yang sangat murah, bahkan di jual dengan harga 6.000 rupiah per Ons-nya. Satu Ons saja, itu sudah banyak banget. Bermodalkan 3 Ons stick es krim, kita bisa membangun satu rumah mini bertingkat 2. Saya sudah mencobanya!

#4. Jalan-Jalan atau Nongkrong

Selain menikmati pemandangan, jalan-jalan pun akan mengingatkan kita bahwa ada begitu banyak tempat yang indah dan layak untuk dikunjungi. Lagi pula, kita bisa nongkrong atau bercengkrama dengan warga sekitar.

7 Hobi dengan Modal Biaya Murah, tapi Sangat Menyenangkan Apabila Dilakukan

Budgetnya sendiri juga relatif, semakin jauh dan pelosok perjalanan yang anda lalui, tentu membutuhkan budget yang tidak sedikit.

Sebenarnya pun, bisa diakali. Cukup pulang kampung terdekat, bermodalkan biaya pulang pergi dan buah tangan (oleh-oleh), kita sudah bisa merasakan dan menikmati liburan.

#5. Memancing / Mancing Mania!

Suatu hobi yang dianggap aneh tapi sebenarnya sangat seru apabila dilakukan. Ya, memancing. Salah satu hobi dan minat penulis; dan kebetulan pula rumah penulis berdekatan dengan laut. Jadi sangat "tertolong" ;)

7 Hobi dengan Modal Biaya Murah, tapi Sangat Menyenangkan Apabila Dilakukan

Memancing itu hanya membutuhkan modal paling sedikit berkisar 15.000 rupiah saja.

Bermodalkan kaleng atau benda yang bisa dijadikan gulungan benang, benang pancing yang relatif murah dan mata pancing, sudah pasti memancing bisa dilakukan hari ini juga.

#6. Membaca

Pintu ilmu adalah buku, buku untuk dibaca. Sekalinya membaca, satu pintu ilmu sudah terbuka. Ini berlaku untuk buku-buku yang berkaitan dengan ilmu.

7 Hobi dengan Modal Biaya Murah, tapi Sangat Menyenangkan Apabila Dilakukan

Anda juga bisa membaca komik apabila suka, dan membaca buku-buku lainnya.

Untuk mendapatkan buku pun tergolong mudah. Anda bisa saling tukar buku dengan kerabat, teman atau keluarga anda. Atau anda bisa mengunjungi perpustakaan terdekat.

#7. Stalking Mantan

Stalking gebetan, mantan gebatan atau pacar bisa anda lakukan dengan modal kuota internet sebesar 1GB dengan harga 10.000 saja.

7 Hobi dengan Modal Biaya Murah, tapi Sangat Menyenangkan Apabila Dilakukan

Semakin kesini, bukan tidak mungkin "stalking" menjadi salah satu hobi bagi kebanyakan orang, mengingat begitu pesatnya pertumbuhan teknologi.

Sebenarnya pun, bukan hanya stalking, anda pun bisa mengikuti berita-berita yang anda dapatkan secara online.

Well dari sekian banyak hobi dan minat yang bisa dilakukan dengan harga murah yang ada disini, mungkin masih ada banyak lagi yang belum tertulis. Menurut kamu apa sih?

Labels: Hiburan

Thanks for reading 7 Hobi dengan Modal Biaya Murah, tapi Sangat Menyenangkan. Please share this article.
0 Komentar untuk "7 Hobi dengan Modal Biaya Murah, tapi Sangat Menyenangkan"

Komentarnya, Guys?